Panduan Belajar AdSense (Google AdSense) Lengkap


Panduan mendaftar Google AdSense
AdSense atau yang lebih dikenal dengan Google AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari  Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem Pay Per Click (PPC) atau bayar per klik. Program ini dirancang untuk penerbit situs yang ingin menampilkan ditargetkan teks , video atau gambar iklan di situs halaman dan mendapatkan uang ketika pengunjung situs melihat atau klik iklan.

Google Adsense merupakan sebuah program pengiklanan yang mengiklankan usaha dan bisnis baik itu usaha bisnis offline maupun bisnis online bagi para pemilik usaha bisnis yang ingin mengiklankan usaha bisnisnya melalui media internet. Sesuai dengan namanya, Google Adsense merupakan salah satu produk milik perusahaan raksasa Google. Dimana telah kita ketahui bersama bahwa perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan internet terbesar, sehingga Google AdSense sangat di rekomendasikan untuk di ikuti, terutama apabila sobat merupakan seorang Blogger sehingga dengan mendaftar bergabung bersama Google AdSense nantinya situs blog yang Anda miliki bisa memberikan penghasilan tambahan dari internet.

Selain menyediakan iklan-iklan dengan sistem Pay Per Click (PPC), Google AdSense juga menyediakan AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) dan iklan arahan (Referral). Pada AdSense untuk pencarian, pemilik situs web dapat memasang kotak pencarian Google di halaman web mereka. Pemilik situs akan mendapatkan pemasukan dari Google untuk setiap pencarian yang dilakukan pengunjung melalui kotak pencarian tersebut, yang berlanjut dengan klik pada iklan yang disertakan pada hasil pencarian. Pada iklan arahan, pemilik situs akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara Google dengan pemasang iklan tersebut.

Tau gak kawan, ternyata program adsense juga sangat berpengaruh besar kepada peningkatan penjualan produk anda, dan jangan lupa untuk memperhatikan beberapa hal yang perlu Anda ketahui terutama bagi Anda yang baru belajar Google AdSense.

Apakah Saya perlu membayar agar dapat menggunakan AdSense?

Jawabannya adalah Tidak, partisipasi di AdSense adalah 100% gratis. Bahkan lebih dari itu, Google akan membayar Anda untuk klik atau tayangan pada iklan Google yang Anda tampilkan di situs atau blog Anda. Dengan memasang iklan Google di website anda, pastinya anda akan mendapatkan uang dari Google AdSense. Uang yang Anda dapat adalah uang yang Google tagihkan kepada para pemasang iklan dan jaringan iklan yang ada. Selanjutnya, Anda dapat memilih bagaimana cara menerima pembayaran Google AdSense yang Anda inginkan untuk menerima uang Anda.

Bahasa apa saja yang didukung AdSense?

Google AdSense mendukung penayang dalam beberapa bahasa. Aplikasi untuk berpartisipasi dalam program dapat diajukan bagi situs dengan konten utama dalam bahasa:
ArabJermanPortugis
BulgarYunaniRumania
China (aks. sederhana)IbraniRusia
China (aks. tradisional)MagyarSerb
KroatIndonesiaSlowakia
CekItaliaSloven *
DanskJepangSpanyol
BelandaKoreaSwensk
InggrisLatviThai
Esti *LituaviTurki
SuomiPolskiUkraina
PrancisNorskVietnam

* Pada saat ini, AdSense hanya mendukung penayangan iklan dalam bahasa ini. Antarmuka produk AdSense dan Pusat Bantuan saat ini tidak tersedia dalam bahasa ini.

Anda dapat memilih bahasa utama situs selama proses pengajuan permohonan. Jika permohonan disetujui, AdSense akan menayangkan iklan yang relevan dengan laman Anda dalam bahasa yang sesuai, meskipun situs Anda mendukung beberapa bahasa.

Harap perhatikan juga bahwa menempatkan kode AdSense pada laman dengan konten terutama dalam bahasa yang tidak didukung oleh kebijakan program AdSense tidak diperbolehkan.

Apakah partisipasi dalam AdSense membantu posisi situs saya pada hasil penelusuran Google?

Google Pagerank
Partisipasi dalam Google AdSense tidak berpengaruh pada peringkat situs Anda di hasil penelusuran Google dan juga tidak berpengaruh pada hasil penelusuran yang Google sediakan. Google sangat meyakini manfaat kebebasan berekspresi, sehingga menawarkan akses luas ke konten di seluruh web. Hasil penelusuran tidak dipengaruhi hubungan antara Google dengan pengiklan dan penayang. Google akan tetap menampilkan hasil penelusuran berdasarkan teknologi PageRank yang dimiliki dan teknologi terbaru dan terupdate dari mesin pencarinya.

Penambahan kode AdSense pada situs tidak akan memasukkan laman Anda dalam antrian perayapan oleh bot pengindeksan utama. Walaupun bot (yang namanya diawali dengan 'Mediapartners-Google') merayapi laman konten dengan untuk keperluan penargetan iklan, partisipasi dalam AdSense tidak akan meningkatkan jumlah laman pada sebuah situs dalam indeks utama Google.

Jenis-jenis Program AdSense.

  • AdSense for content : Menampilkan iklan di situs web
  • AdSense for search : Menampilkan iklan di hasil pencarian di website
  • AdSense for mobile : Iklan bergambar pada situs mobile
  • AdSense for feeds : Menampilkan iklan di RSS feed
  • AdSense for domains : Menampilkan iklan di domain yang tidak terpakai
  • AdSense for TV: Monetize TV inventory
  • AdSense for video : Monetize online video content
  • AdSense for mobile applications : Monetize Android and iPhone applications
  • AdSense for games : Monetize browser-based games

Kebijakan Program AdSense

Meski program AdSense memberikan keuntungan yang besar, Google menetapkan aturan ketat untuk melindungi kepentingan semua pihak yang terlibat, termasuk pemasang iklan yang sering dirugikan oleh tindakan tidak terpuji pemilik situs anggota program AdSense. Beberapa larangan Google yang harus ditaati pemilik situs web atau blog peserta program AdSense adalah:
  1. Mengklik iklan yang ditampilkan situs milik sendiri, baik dengan cara manual atau dengan bantuan perangkat lunak khusus
  2. Dengan sengaja mendorong pengunjung situs untuk mengklik iklan yang ditampilkan, misalnya dengan kata-kata “klik iklan ini” atau “kunjungi halaman ini”
  3. Mengubah bentuk dan ukuran unit iklan yang telah ditentukan Google
  4. Membuat pranala langsung menuju halaman hasil pencarian AdSense untuk pencarian
  5. Mengisi secara otomatis kotak pencarian AdSense dengan Kata kunci tertentu
  6. Memanipulasi target iklan dengan katakunci tersembunyi atau dengan IFRAME
  7. Kode unit iklan AdSense harus ditempatkan langsung pada kode html Situs web tanpa perubahan. Pemilik situs tidak diperbolehkan mengubah kode AdSense dengan alasan apapun, misalnya dengan tujuan menampilkan hasil klik di jendela pop up atau mengalihkan target iklan.

Cara Mendaftar Google AdSense

Untuk dapat menampilkan iklan dari Google AdSense diperlukan beberapa tahap, berikut adalah tahapan dalam mendaftar Google AdSense.
  1. Kirimkan permohonan Anda
  2. Verifikasikan informasi Anda
  3. Tempatkan iklan di situs Anda
  4. Tinjau akun Anda untuk persetujuan
  5. Akun disetujui
Jika Anda sudah siap untuk memulai mendapatkan uang dari Google AdSense, silahkan daftar dan bergabung sekarang dengan jaringan terbesar Google. Untuk link pendaftaran silahkan klik pada tautan berikut.


Sekian dulu postingan mengenai pengertian Google AdSense, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Referensi :
  1. https://support.google.com/adsense/
  2. http://id.wikipedia.org/wiki/AdSense

Dapat Duit Dari Blog

Delivered by FeedBurner