ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik


ASUS ZenFone Series
ASUS ZenFone
Setelah sukses dengan ASUS Writing Contest sebelumnya dengan tema "ASUS Notebook Terbaik dan Favoritku", kini perusahaan asal Taiwan itu kembali mengadakan kontes SEO dengan tema ASUS ZenFone SEO Contest, dengan kata kunci yang ditargetkan ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik.
Sebagai pengguna ASUS, tidak cukup rasanya jika hanya sekedar tau saja produk ASUS, update teknologi terbaru, berita-berita terbaru dan event-event terbaru seputar produk ASUS mestinya juga Kita ketahui dan ikuti sebagai bukti turut serta guna memajukan produk ASUS hingga bisa dikenal oleh khalayak ramai bahwa produk pabrikan ASUS tidak bisa dipandang dengan sebelah mata. 

Tanpa harus panjang lebar, mari Kita kupas secara terperinci mengenai kenapa ASUS dengan Smartphone Android terbarunya berani mengklaim sebagai Smartphone Android terbaik? Tidak lain dan tidak bukan adalah karena produk-produk ASUS yang semakin hari penuh dengan inovasi yang tiada henti, sesuai dengan Brand Promise ASUS yaitu "In Search of Incredible". ASUS akan terus berusaha untuk menjadi perusahaan terkemuka di dunia yang paling dikagumi di era digital yang baru ini dengan membuat kehidupan yang jauh lebih baik melalui berbagai inovasi terbaru.

Setelah sukses meluncurkan Google Nexus 7, kali ini ASUS kembali melakukan gebrakan dengan merilis ASUS ZenFone series, apa sih sebenarnya kelebihan smartphone ini, dan kenapa namanya menggunakan zenfone? berikut adalah alasan mengapa asus menggunakan zenfone pada seri terbarunya. Zen berarti hidup dengan penuh kesadaran. Ini merupakan salah satu sikap, suatu cara hidup yang berbeda yang dapat membawa kebahagiaan dan keseimbangan dalam hidup. Zenfone merupakan kombinasi yang sempurna antara teknologi dan gaya. ZenFone tidak hanya perangkat yang dapat membantu Anda dalam kesibukan, namun juga tahu apa yang Anda butuhkan, seperti mengungkapkan pikiran dan perasaan Anda, menghubungkan Anda lebih bebas untuk melakukan hal-hal penting dalam hidup Anda. Nah sekarang sudah tau bukan alasan mengapa asus menggunakan nama zenfone pada seri perangkat seluler terbarunya ini.


asus winner reddot award 2014
Tanpa harus menunggu waktu lama, ditahun yang sama setelah resmi diluncurkan, maka ponsel cerdas ini langsung menyabet penghargaan reddot Award 2014 (reddot adalah salah satu dari "Top 3 Industrial Awards in the World" sebuah penghargaan paling bergengsi di dunia). Anda bisa menemukannya pada link dibawah ini dan Berikut adalah cuplikan statemen yang dikemukakan oleh juri.
»Functionality and ease of use go hand in hand when it comes to the Asus Zenfone series. Their well thought-out ergonomic styling makes them particularly pleasant to use.«
Sumber : http://red-dot.de/pd/online-exhibition/work/?lang=en&code=22-01492-2014&y=2014&c=164&a=0

Smartphone Android yang cocok digunakan untuk semua kalangan, ya mungkin itu adalah istilah yang tidak terlalu berlebihan jika Saya mengatakannya. Di era digital saat ini, Smartphone bukan lagi sekadar alat untuk melakukan panggilan telepon atau berkirim pesan. Ia dapat berfungsi sebagai kamera, perangkat untuk menjelajah internet, sistem navigasi, pusat hiburan, sampai ke penyimpan catatan, jadwal sampai agenda kerja. Di sisi lain, berhubung smartphone juga mendukung gaya hidup, ia juga memiliki desain yang cantik, elegan, dan hadir dengan pilihan warna yang beraneka ragam yang mampu menggambarkan identitas pemiliknya. Wah bisa gonta-ganti warna smartphonenya donk, yups benar sekali jika Anda termasuk orang yang dinamis maka telepon cerdas ini sangat cocok untuk Anda gunakan.

ZenFone memiliki desain yang indah, material berkualitas tinggi, fungsionalitas ASUS ZenUI yang lengkap untuk menghadirkan kemewahan bagi pengguna. Hadir dalam pilihan layar berukuran 4 sampai 6 inci dan berbagai pilihan warna menjadikan ASUS ZenFone semakin variatif dan beragam, apalagi ZenFone juga sudah dilengkapi dengan lapisan Corning® Gorilla® Glass 3 untuk kehandalan dan daya tahan yang jauh lebih baik terhadap goresan.

ASUS ZenFone 4 - Smartphone Dual Core Terbaik Dikelasnya

Menggunakan procesor Intel Atom, menjadi hal membedakan Asus Zenfone 4 dengan smartphone Android lainnya, tak hanya itu Smartphone dengan layar 4 inci ini juga sudah memiliki RAM berukuran 1 GB yang memungkinkan Anda untuk membuka beberapa aplikasi secara bersamaan tanpa harus takut ASUS Zenfone 4 Anda hang atau lemot. Dengan harga yang sangat murah hanya 1 Jutaan, handphone ini sudah menggunakan spesifikasi kelas tinggi layaknya handphone berharga 2 Juta keatas. Dengan fitur yang sudah dijelaskan diatas, sepertinya tidak berlebihan jika dua jempol diberikan untuk Smartphone Android ini. Smarphone canggih ini juga sangat cocok untuk Anda yang memiliki kondisi keuangan yang pas-pasan atau Anda yang masih duduk di bangku kuliah juga bisa menggunakan handphone canggih ini.
ASUS ZenFone 4
ASUS ZenFone 4
ASUS ZenFone 4 merupakan Smartphone murah besuatan ASUS Inc. yang sangat mudah untuk dipersonalisasikan karena cover belakangnya dapat ditukar dengan pilihan warna yang cukup bervarisi seperti Charcoal Black, Pearl White, Cherry Red, Sky Blue dan Solar Yellow. Zenfone 4 juga sudah mampu mendukung MicroSD card hingga 64GB sehingga menyediakan tempat yang sangat melimpah untuk menyimpan foto, video, aplikasi, dan lain-lain. Kabar baiknya adalah ASUS ZenFone 4 hanya dibandrol dengan harga mulai Rp 1.099.000, sangat cocok untuk Anda yang memiliki budget minim dan menginginkan Smartphone dengan fitur yang WAH. Jadi tunggu apalagi, buruan deh segera datang ke outlet ASUS terdekat dan segera borong produk asus zenfonenya.

Penjelasan mengenai spesifikasi ASUS ZenFone 4.


- Segi Desain

Tidak perlu diragukan lagi dari segi desain Zenfone 4 memiliki ukuran layar 4 inci dengan resolusi sebesar 480 x 800 pixels dan panjang sisi 12,4cm. Sangat cocok untuk digenggam dan disimpan dalam saku dengan ruang terbatas. Smartphone ini tidak memiliki lapisan IPS Display, akan tetapi sudah memiliki teknologi Corning Gorilla Glass 3, yang mampu melindungi layar dari beragam goresan benda tajam. Bagaimana keren bukan, dengan harga yang hanya 1 jutaan Anda sudah bisa memiliki seluler mumpuni dengan layar yang tangguh.

Casing bagian belakang ini bisa Anda buka untuk memasukkan kartu SIM dan micro SD serta menukar baterai Zenfone 4. Selain itu seperti yang sudah dijelaskan diatas, cover bagian belakang smartphones ASUS ini juga bisa Anda gonta-ganti sesuai dengan selera Anda masing-masing. Pilihan warna juga begitu bervariatif seperti Charcoal Black, Pearl White, Cherry Red, Sky Blue dan Solar Yellow. 

Tombol power dan pengatur volume diletakkan di sisi kanan Zenfone 4, sedang bagian atas hanya diisi jack audio 3,5mm. Tersedia port micro USB di kiri perangkat untuk koneksi data sekaligus jalur isi ulang baterai.

Selain itu ASUS ZenFone series juga mengambil desain klasik ASUS ZenBook, memiliki desain konsentris melingkar yang memberikan tampilan dan nuansa abadi. Dengan teknologi pemotongan berlian yang sangat presisi pada 45 °di 0.13mm, ZenFone memiliki tekstur halus yang tak tertandingi. Bagian belakang dianodasi sebanyak tujuh kali untuk menghasilkan desain elegan yang sempurna, sehingga menjadikan smartphone ini semakin istimewa. ASUS memang sangat memperhatikan kenyamanan para penggunanya, terbukti dengan desain produk asus yang begitu menggoda mata Kita.

- Segi Kecepatan

Untuk processor sudah tersedia CPU Intel Atom Z2520, Dual-core 1.2 GHz. Walaupun masih Dual Core, namun kinerja CPU ini sebanding dengan CPU Quad Core dari Mediatek ataupun Snapdragon yang memiliki kecepatan 1.2 Ghz. Zenfone 4 ternyata mampu mengungguli merek smartphone Android lain yang menggunakan prosesor 2 atau 4 inti. Jadi tidak perlu khawatir deh pokoknya kalo masalah kecepatan smartphone ini bisa diadu dengan handphone pintar lain yang memiliki harga sama.

- Segi Penyimpanan

Memory internal yang di sediakan pada Asus Zenfone 4 ini berukuran 4 GB dengan dukungan Slot MicroSD sampai kapasitas 64 GB. Salah satu hal mengapa handphone ini layak Anda beli adalah ukuran ram yang sangat besar, yaitu berukuran 1 GB. Jarang sekali ada ponsel dengan harga 1 Jutaan yang menggunakan RAM berkapasitas sebesar  ini. 

- Segi Sistem Operasi

Asus Zenfone 4 juga sudah ditanamkan Android OS, v4.3 (Jelly Bean) yang bisa di upgrade ke Android Kitkat. Benar-benar sangat tidak mengecewakan, dengan harga yang tidak terlalu mahal, Anda sudah bisa merasakan teknologi Android terbaru.

- Segi Kamera

Dari sektor kamera sudah tersedia 2 kamera depan dan belakang, di belakang desain badan perangkat yang sederhana tadi, tersemat kamera beresolusi 5 megapiksel. Kamera belakang ini sepertinya didesain untuk mengambil kamera di ruang yang cukup cahaya, mengingat tidak ada tambahan lampu flash yang menemani kamera yang bisa merekam video beresolusi 1080p di kecepatan 30fps ini. Buat Kamu yang suka narsis mesti puas dengan kamera depan yang hanya memiliki resolusi 0,3 megapiksel. Nah berikut adalah spesifikasi lengkapnya, silahkan perhatikan tabel berikut ini.
Spesifikasi Lengkap ASUS ZenFone 4
SpesifikasiKeterangan
ProsesorIntel Atom Z2520, Dual Core (HT) 1,2 GHz
GrafisPowerVR SGX544MP2
Layar4inci, TFT capacitive (480 x 800)
MemoriSistem: 1 GB (RAM)
Internal: 4/8GB
Kartu MemoriMicro SD (maks. 64GB)
Kamera5MP (belakang); 0,3MP (depan)
Dukungan JaringanGSM 850 / 900 / 1800 / 1900
HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
KonektifitasWIFI 802.11 b/g/n, Bluetooth v4.0, Micro USB
Fasilitas LainGPS, GLONASS, FM Radio
Sistem OperasiAndroid 4.3 (Jelly Bean)
SensorAccelerometer, proximity,
BateraiLithium Polymer 1200 mAh (+ bonus 1 baterai )
Dimensi (p x l x t)12,4 x 6,14 x 0,63-0,11 cm
Bobot115 gram

ASUS ZenFone 5 - Smartphone Murah Berkualitas

Nah setelah mengetahui secara detail mengenai asus zenfone 4, sekarang mari Kita ulas kecanggihan kakak seperguruannya yaitu ASUS ZenFone 5, smartphone dengan layar 5 inci ini memiliki desain yang cukup menarik, sama menariknya dengan interface yang yang dimiliki, smartphone ini telah menggunakan OS android 4.3 jelly bean dengan antar muka default yang baik. Sedangkan untuk dapur pacunya, produk ini dilengkapi dengan chipset dual core berkecepatan 2Ghz, sehingga hasil kerjanya akan menjadi lebih optimal dan lebih stabil. Berikut ini adalah penampakan dari ASUS ZenFone 5.
ASUS ZenFone 5
ASUS ZenFone 5

Setelah melihat sedikit penampakannya, sekarang mari kita ulas apa saja yang bisa Anda dapatkan di smartphone android canggih ini, baik dari segi hardware maupun softwarenya.


- Design dan Material yang Memukau


Coba Anda benar-benar perhatikan, mungkin orang tidak akan menyangka harga Asus Zenfone 5 hanya Rp. 2 juta saja. Bezel depan bagian bawah memiliki pola melingkar dan berkilau metalik, membuat desain Zenfone menjadi elegan. Sementara material casing samping dan belakang adalah material plastik dengan finishing doff, yang relatif terlihat lebih berkelas daripada plastik dengan finishing glossy. Berikut adalah penampakan dari asus zenfone 5.
ASUS Zenfone 5
ASUS Zenfone 5

Material seperti ini juga membuat grip saat menggenggam cukup baik, dibanding plastik glossy yang cepat licin jika tangan Anda berkeringat. Zenfone 5 cukup ergonomis saat digenggam, karena bagian belakang yang melengkung. Namun ponsel ini termasuk lebar untuk ukuran perangkat 5 inci, dengan bezel yang cukup tebal. Ini bukan masalah besar, mengingat Zenfone 5 bukan ponsel kelas atas. Walaupun bukan kelas atas, dengan harga smartphone yang cuma 2 jutaan, Anda sudah bisa mendapatkan smartphone cukup canggih dan berkelas.


- Layar yang WAAAAH


Dengan harga 2 jutaan, Anda sudah mendapatkan ponsel berlayar HD ukuran 5 inci. Layarnya pun ternyata bukan layar sembarangan dan sepertinya tidak berlebihan jika Saya menyebutnya Layar yang WAAAAH. Menggunakan LCD IPS, mutu dan kualitas layar sangat bagus. Kualitas layar Zenfone 5 seakan-akan menantang layar ponsel lain dengan harga yang sama. Berkat kepadatan piksel tertinggi dibanding Zenfone lainnya (299 ppi), layar Zenfone 5 juga terlihat cukup tajam. Warnanya cerah dan memanjakan mata, namun tetap natural dan tidak over-saturated. Sudut pandangnya bagus, demikian juga dengan tingkat kontras dan kualitas warna hitam. Dengan layar HD 720p milik Asus Zenfone 5 adalah yang terbaik untuk ponsel dengan harga di bawah Rp. 3 juta. Apalagi masih diperkuat dengan Corning Gorilla Glass 3, menjamin daya tahan layar terhadap goresan yang lebih baik.

Sudah tau belum apa itu Corning Gorilla Glass dan apa kelebihannya? Kalo belum tau, berikut adalah sedikit penjelasan singkatnya.

Gorilla Glass merupakan kaca pelindung yang digunakan pada perangkat smartphone dan juga tablet yang di produksi oleh perusahaan bernama Corning yang berasal dari Amerika Serikat. Performa dan daya tahan Corning Gorilla Glass sekarang tidak hanya digunkan untuk smartphone dan tablet namun juga dihadirkan pada Notebook yang disebut Gorilla Glass NBT.
Corning Gorilla Glass 3
Corning Gorilla Glass 3

Pada tahun 2010 Gorilla Glass telah digunakan oleh 20 persen perangkat gerak diseluruh dunia. Di tahun 2012 produsen corning mengeluarkan generasi keduannya bernama Gorilla Glass 2. Dan pada tahun 2013 mereka meluncurkan Gorilla Glass 3 yang menawarkan ukuran yang lebih tipis. Corning juga mengatakan bahwa Gorilla Glass 3 akan bertahan 3 kali lebih kuat terhadap goresan. 

Performa dan daya tahan Corning Gorilla Glass mempunyai keuntungan yang berbeda dari bahan yang lain. Keuntungan Gorilla Glass antara lain yaitu Kualitas permukaan yang sangat luar biasa, Proses fusi milik Corning Gorilla Glass memberikan permukaan superior yang sama seperti pada semua teknologi tinggi pada layar substrat. Ini sangat luar biasa, proses otomoatis yang sangat baik menghasilkan kaca dengan sangat bersih, halus, permukaan yang datar dan memiliki kejelasan optic yang sangat luar biasa. (http://www.golekilmu.com/2013/10/07/performa-dan-daya-tahan-corning-gorilla-glass)


- Kamera yang JOOOS


Kamera yang digunakan smartphone android layar 5 inch ini juga sangat berkelas, dengan kamera depan bersensor 2 MP Anda akan semakin mudah berfoto selfie dengan hasil jepretan berkualitas tinggi. Sedangkan pada kamera belakang sudah tersedia kamera dengan sensor 8 MP yang memiliki resolusi  3264 x 2448 pixels, tak ketinggalan fitur penyempurnaan hasil foto Anda seperti autofocus, LED flash, dan kemampuan merekam video berkualitas HD. Mau tau alasannya kenapa kameranya Saya beri julukan JOOOS, silahkan simak keunggulan kameranya berikut ini, supaya Anda benar-benar yakin kalo fitur kamera dari smartphone android ini benar-benar JOOOS.
Lensa Camera ZenFone
Lensa Camera ZenFone

Berikut adalah beberapa keunggulan Camera dan ASUS Zenfone 5.


  1. PixelMaster : Dengan teknologi PixelMaster yang dimiliki oleh smartphone ini, semakin membuat smartphone ini tak tertandingi dikelasnya. PixelMaster adalah teknologi ASUS yang menggabungkan software, hardware dan desain optik untuk memberikan kualitas gambar yang luar biasa. Dengan PixelMaster, smartphone Anda selalu menghasilkan foto profesional berkualitas tinggi.
  2. Low Light Mode : Mode low-light pada PixelMaster memungkinkan Anda untuk mengambil foto atau video dengan jelas. Rahasia optimisasi dan stabilisasi gambar pada teknologi PixelMaster meningkatkan kepekaan cahaya hingga 400%, pengurangan noise, dan meningkatkan kontras warna hingga 200%. 
  3. Lensa Optic : 5-elemen lensa optik yang berkualitas tinggi, Fotoreseptor sensor lebih besar dan lensa f/2.0 wide-aperture mengumpulkan lebih banyak cahaya, sehingga memberikan hasil yang sangat detil. Kamera PixelMaster ASUS mengintegrasikan lima lensa untuk meningkatkan kinerja optik yang sangat baik dan foto bebas distorsi.
  4. Time Rewind : Mode Time Rewind mampu mengambil foto 2 detik sebelum dan 1 detik sesudah menekan tombol kamera. Anda dapat memilih foto terbaik dari 31 foto yang terambil. Tidak ada momen yang terlewatkan.
  5. Image Stabilizer : Kamera PixelMaster mengintegrasikan teknologi stabilisasi gambar untuk memastikan bahwa foto dan video yang selalu jelas dan bebas dari blur. Adanya algoritma yang canggih mampu memberikan fungsi stabilisasi gambar secara otomatis dan mengurangi goyangan. Gambar akhir atau video kemudian distabilkan dengan menggeser frame bila diperlukan, dengan piksel di luar frame.
  6. Panorama : Fotografi panorama 360 telah umum, tembak melalui 720, ikuti petunjuk, ambil gambar ke atas dan ke bawah, dan presentasi lingkungan lengkap. Gunakan software untuk membidik foto, dan meng-upload google +, berbagi kehidupan kreatif Anda dengan mudah.
  7. Selfie Mode : Dengan mode Selfie Anda dapat mengambil selfies resolusi tinggi dengan mudah menggunakan kamera belakang, tanpa harus khawatir kehilangan seseorang dalam tembakan. Pertama pilih jumlah orang dalam tembakan, kemudian arahkan kamera utama ZenFone terhadap diri sendiri. Setelah kamera mendeteksi wajah bahwa semua berada dalam bingkai, sebuah countdown akustik dimulai. Kamera kemudian secara otomatis mengambil gambar dari tiga gambar.
  8. Depth of Field : ASUS ZenFone mampu memberikan efek "depth of field" yang membuat objek dekat terlihat sangat jelas dan latar belakang menjadi buram. Dengan efek ini, hasil foto akan terlihat seperti menggunakan kamera professional. Teman Anda pasti takjub setelah Anda bilang foto tersebut dihasilkan oleh sebuah mobile phone!
  9. Always in Focus : Tekan untuk memilih objek tertentu dalam frame, dan PixelMaster bekerja untuk menjaga objek dalam fokus - bahkan jika bergerak sedikit - untuk memastikan gambar terfokus sempurna.
  10. Clear Zoom : Zoom in dan out tetap jelas, Apakah Anda ingin memotret kucing di atap di seberang jalan dengan begitu jelas? Teknologi PixelMaster Clear Zoom memungkinkan Anda untuk zoom-in pada objek yang jauh, tetap menjaga kejelasan yang luar biasa.
  11. Instant Camera : Kamera Anda siap kapan saja, Tekan dua kali dengan cepat tombol volume untuk membuka aplikasi kamera dengan cepat, lalu tekan sekali lagi untuk mengambil foto. Kamera Anda siap untuk mengambil gambar seketika!
  12. All Smile : Dapatkan ekspresi terbaik di foto Anda, Dalam foto grup, mode ini dapat menghasilkan 5 foto dengan ekspresi terbaik dan Anda dapat memilih ekspresi yang terbaik dari setiap orang sehingga setiap orang terlihat sempurna di setiap foto.
  13. Smart Remove : Jangan biarkan orang yang lewat merusak foto Anda, Mode Smart Remove dengan mudah menghilangkan benda bergerak yang tidak diinginkan dari foto Anda, berarti Anda tidak akan pernah melihat orang asing merusak foto Anda yang paling berharga.
  14. Effect : Efek built-in pada PixelMaster dirancang untuk membuat fotografi lebih kreatif dan menyenangkan. Hal ini termasuk efek gambar pensil seperti lukisan tangan, efek kartun, dan efek tilt-shift sehingga hasil foto berbeda dengan kenyataan.
  15. Beautification : Mode ini dapat membuat wajahmu menjadi lebih ramping, pipi menjadi merah, mata menjadi tajam, dan kulit menjadi halus dalam sekali foto. Dan perubahannya dapat anda lihat secara Real Time!
  16. Gif Animation : Buat foto Anda lebih hidup dengan animasi, Aktifkan fungsi animasi GIF yang dinamis, tekan dan tahan shutter untuk mengambil serangkaian gambar terus-menerus yang kemudian secara otomatis diubah menjadi sebuah animasi GIF.

Bagaimana apakah Anda sudah yakin dengan sebutan saya terhadap kamera dari ASUS ZenFone 5 ini yaitu "JOOOS"? Dengan beragam fitur yang terdapat di smartphone ini, dan harga yang cukup murah, Anda sudah bisa mendapatkan fitur yang JOOOS banget dari kamera smartphone android ini. 

- RAM yang Cukup
Sekarang mari Kita lihat bagian dalamnya, produk teranyar ASUS ini dilengkapi dengan RAM berkapasitas 1Gb. Dengan adanya RAM tersebut, maka kinerja ASUS Zenfone 5 akan menjadi lebih optimal khususnya ketika pengguna membuka lebih dari satu aplikasi sekaligus. Sedangkan untuk media penyimpanan datanya, tersedia memori internal berkapasitas 4Gb plus slot microSD up to 64Gb sebagai media ekspansinya.

- Dari Segi Kecepatan
Dari segi performa dapur pacu, sudah tersedia CPU Dual Core yang memiliki kecepatan 2 Ghz dari Intel Atom Z2580. Untuk menambah kegaharan ponsel ini, sudah tersedia GPU PowerVR SGX544MP2 yang dipadukan dengan RAM berukuran 1 GB. Peforma gahar yang di miliki Asus Zenfone 5 akan diimbangi dengan OS Android Jelly Bean 4.3 yang di pastikan akan mendapat upgrade ke Android Kitkat.


- Pilihan Warna yang Beragam
Smartphone ini juga memiliki banyak pilihan warna diataranya Charcoal Black, Pearl White, Cherry Red, Champagne Gold, Twilight Purple. Pilihan warna yang menarik dan bisa kita sesuaikan dengan warna kesukaan kita tentu akan mampu menciptakan kesan tersediri bagi Anda. Walaupun memiliki warna yang menarik, dengan dimensi berukuran 148.2 x 72.8 x 10.3, handphone ini akan terasa sangat tebal di genggaman. Mau tau spesifikasi lengkapnya, simak tabel berikut ini.

Spesifikasi Lengkap ASUS ZenFone 5
SpesifikasiKeterangan
ProsesorIntel Atom Z2580, Dual-core 2 GHz
GrafisPowerVR SGX544MP2
Layar720 x 1280 pixels, 5.0 inches (~294 ppi pixel density)
MemoriSistem: 1 GB (RAM)
Internal 8 GB
Kartu MemoriSlot microSD, up to 64 GB
Kamera8MP (belakang), autofocus, LED flash, ; 2MP (depan)
Dukungan JaringanGSM 850 / 900 / 1800 / 1900
HSDPA, 42.2 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps
Konektifitas802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot, Bluetooth v4.0, Micro USB
Fasilitas LainGPS, GLONASS, FM Radio
Sistem OperasiAndroid 4.3 (Jelly Bean)
SensorAccelerometer, proximity,
BateraiTipe Non-removable Li-Po 2110 mAh battery
Dimensi (p x l x t)148.2 x 72.8 x 10.3
Bobot145 gram

ASUS ZenFone 6 - Smartphone Menengah Sekelas Premium

Sekarang yang akan Kita bahas adalah Asus Zenfone 6, Smartphone dengan layar 6 inci merupakan smartphone yang dipersiapkan untuk menjangkau kalangan menengah atas. Spesifikasi Asus Zenfone 6 tentunya lebih superior jika dibandingkan dengan Asus Zenfone 4 dan Asus Zenfone 5. Meski demikian ketiga produk ini memiliki desain yang mirip dengan bagian sisi belakang yang tampak menipis ketepi kemudian melengkung dan tebal pada bagian tengah.
ASUS ZenFone 6
ASUS ZenFone 6

Asus Zenfone 6 tersedia dalam empat varian warna yang lebih elegan jika dibandingkan dengan Asus Zenfone 4 dan Asus Zenfone 5. Bahan yang dipilih untuk membungkus smartphone ini menggunakan bahan plastik yang diberi finishing doff sehingga nyaman dan ringan di tangan. Terbukti, bobot yang dimiliki hanya 196 gram saja. Teknologi layar mengadopsi One Glass Solution yang menyatukan LCD yang penampil gambar dan panel sentuh yang menerima input sentuhan. Sedangkan pada bagian penampil gambar, menggunakan teknologi IPS kapasitif dengan kedalaman 16 juta warna. Layar ini mampu menghasilkan resolusi 720 x 1280 piksel dengan kerapatan 245 ppi. Asus menambahkan aplikasi Splendid yang bisa digunakan untuk mengatur temperatur warna, saturasi dan corak (hue) sehingga layar menampilkan karakter warna yang sesuai dengan selera Anda.


ASUS ZenFone 6 menggunakan SoC Intel CloverTrail+ dengan prosesor dual core quad thread Intel Atom Z2580 berkecepatan 2 GHz yang disertai dengan GPU PowerVR SGX544MP2. Smartphone android ini menggunakan RAM Sebesar 2 GB dan memiliki storage internal 8 GB dengan tambahan slot microSD. Perangkat dual SIM ini pun juga telah dilengkapi dengan layar IPS 6 inci beresolusi 1280×720 yang dibalut dengan pelindung dari Corning, Gorilla Glass 3. Sistem operasi yang digunakan adalah Android Jelly Bean 4.3. Terakhir, smartphone ini telah dipersenjatai dengan baterai sebesar 3230 mAh.

Bersama rangkaian Zenfone, Asus juga mengenalkan ZenUI yang disematkan pada ketiga produknya termasuk Zenfone 6 ini. Zen UI dilengkapi dengan fitur paling menarik diantaranya adalah What's Next dan Do It Later yang didesain khusus untuk mempermudah pengguna dalam pengelolaan informasi yang diterima. Fitur lain yang disediakan adalah fitur multi tasking yang membuat Anda bisa memanfaatkan luas layar ponsel ini dengan menjalankan dua aplikasi sekaligus yang membagi layar.

Di sektor kamera, Zenfone 6 juga istimewa. Smartphone ini memperkenalkan teknologi Pixel Master yang mampu meningkatkan sensitifitas sensor dalam menangkap cahaya dan mengurangi noise. Teknologi ini bekerja sangat baik pada mode Low-Light. Dengan menggabungkan kemampuan 4 piksel berdekatan untuk menangkap cahaya, sensitifitas kamera terhadap cahaya otomatis menjadi 4 kali lebih baik. Dengan begini kamera tidak perlu meningkatkan nilai ISO sehingga noise yang tertangkap juga menjadi lebih sedikit. Langsung aja deh lihat spesifikasi lengkapnya supaya tidak penasaran.

Spesifikasi Lengkap ASUS ZenFone 6
SpesifikasiKeterangan
ProsesorIntel® Atom™ Z2580 ( 2.0 GHz )
GrafisPowerVR SGX544MP2
LayarIPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors, 720 x 1280 pixels, 6.0 inches (~245 ppi pixel density)
MemorieMMC 8GB
Micro SD Card Support (up to 64GB)
ASUS WebStorage 5G/Lifetime
Kartu MemoriSlot microSD, up to 64 GB
Kamera13 MP f/2.0 PixelMaster Camera
Front Camera : 2 MP
Dukungan JaringanGSM / GPRS / EDGE ; WCDMA / HSPA+
DC-HSPA+ ( DL / UL ): 42 / 5.76 Mbps
GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 ; UMTS 850 / 900 / 1900 / 2100
KonektifitasIntegrated 802.11 b/g/n ; WiFi-Direct, Bluetooth v4.0, Micro USB
Fasilitas LainGPS, GLONASS, FM Radio
Sistem OperasiAndroid 4.3 (Jelly Bean)
SensorAccelerometer, proximity,
BateraiTipe Non-removable Li-Po 3300 mAh battery
Dimensi (p x l x t)166.9 x 84.3 x 9.9 mm (LxWxH)
Bobot196 gram
Nah setelah mengetahui spesifikasi dari smartphone ini, sekarang mari Kita lihat terlebih dahulu apa yang menjadi unggulan dari smartphone ASUS ZenFone 6 ini.

Keunggulan ZenFone Series


Keunggulan 1 - Tampil dengan elegan dan bergaya setiap saat

ASUS Zenfone™ hadir dengan desain premium yang memiliki lapisan seperti keramik di bagian belakang dan metal di bagian depan sehingga terlihat sangat elegan. Hadir dengan pilihan 4”, 5“ sampai 6” dengan berbagai pilihan warna yang membuat Anda senantiasa tampil stylish dimana saja. Dengan bobot yang sangat ringan mulai dari 115 gram dan ketipisan 5.5 mm, ASUS Zenfone™ sangat cocok untuk Anda yang selalu aktif.

Keunggulan 2 - Prosesor Intel® dengan Teknologi Quad-Thread Hyper-Threading

ASUS Zenfone™ dipersenjatai dengan prosesor Intel® yang biasa digunakan untuk laptop. Performanya memukau dengan teknologi Quad-Thread Hyper-Threading yang memberikan pengalaman bermain dan bekerja lancar tanpa lag. Apalagi diperkuat dengan GPU Intel® yang memukau, performa grafis menjadi 5x lebih cepat daripada smartphone lain pada umumnya. Luar biasa!

Keunggulan 3 - Full HD 1080p video recording & Audio ASUS SonicMaster

Rekam setiap momen berharga dalam resolusi tinggi dengan ASUS Zenfone™. Video yang anda ambil akan terlihat tajam dan berkualitas tinggi dengan kemampuan merekam dalam Full HD 1080p 30fps. Sebuah fitur yang umumnya hanya dapat anda temukan pada smartphone high-end. Untuk urusan audio, ASUS Zenfone™ memiliki teknologi ASUS SonicMaster yang sangat terkenal dengan suara sejernih kristal, frekuensi audio yang luas, bass yang dalam dan kaya sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitas suaranya untuk menonton film, mendengar musik atau bermain game.

Keunggulan 4 - Ambil foto & video dalam gelap, lebih terang hingga 400%

ASUS Zenfone™ sangat cocok bagi Anda yang senang fotografi. Resolusi kamera hingga 13 MP dengan auto-fokus dan teknologi PixelMaster, memungkinkan Anda untuk mengambil foto & video dengan kualitas baik walau kondisi kurang cahaya sekalipun sehingga gambar menjadi lebih terang hingga 400% walaupun tanpa lampu flash. Ditambah dengan sensor backside-illumination (BSI) dan lensa 5-elemen serta diafragma lensa F/2.0, Anda dapat mengabadikan banyak momen berharga dalam sekejap.

Keunggulan 5 - Email, Chatting, Note menjadi lebih mudah

The Simpler The Better. ASUS ZenUI merupakan antarmuka pintar dimana icon-icon dirancang dengan sangat sederhana dan sangat membantu Anda melakukan pengaturan data, media, aplikasi, dan lainnya dengan mudah. ASUS ZenUI juga dilengkapi dengan ASUS Omlet Chat On dimana Anda dapat chatting dan mengirim foto atau data apapun. Aplikasi lain seperti ASUS email app, ASUS SuperNote, serta ribuan aplikasi yang dapat diunduh gratis di Google PlayStore seperti BBM, Line, WhatsApp, dapat Anda nikmati untuk mempermudah segala aktivitas Anda sehari-hari. Jadi dengan menggunakan ponsel canggih ini Anda tidak perlu khawatir ketinggalan jaman, karena Anda akan dimanjakan dengan ribuan aplikasi yang bisa Anda gunakan secara gratis alias g bayar.

Beberapa Fitur ZenFone Series



Semua seri ASUS ZenFone, memiliki berbagai fitur baru diantaranya adalah ASUS ZenUI, What's Next, Do It Later, PixelMaster dan lain-lain. Supaya penjelasannya tidak mengambang, sekarang mari Kita bahas satu persatu.

ASUS ZenUI Feature
ASUS ZenUI


1. ASUS ZenUI

ZenFone merupakan salah satu perangkat pertama ASUS yang dilengkapi dengan ZenUI, antarmuka baru khusus untuk pengguna mobile yang dikembangkan sesuai dengan konsep freedom, expression, dan connection. Dengan desain visual baru yang dibuat agar lebih efisien, dengan icon modern, tema-tema warna, animasi yang indah, ringtone dan nada notifikasi baru, serta layout yang bersih untuk demi menayangkan informasi secara jelas bagi pengguna. 


ASUS ZenUI juga dilengkapi dua fitur utama, yakni What’s Next dan Do It Later yang didesain khusus untuk mempermudah pengguna dalam pengaturan sejumlah besar informasi yang diterima setiap harinya, dan memungkinkan mereka melakukan berbagai hal dengan lebih produktif.

2. What’s Next

What’s Next menempatkan informasi terkini, paling penting dan berguna pada pengguna, seperti jadwal meeting yang akan datang, pesan dan panggilan tak terjawab dari kontak VIP, cuaca di tempat tujuan, dan lain-lain pada bagian depan dan tengah lock screen, home screen dan panel notifikasi.

3. Do It Later

Do It Later membebaskan pengguna agar ia bisa fokus ke tugas yang sedang ia kerjakan, tanpa akan melupakan hal-hal penting lainnya yang perlu ia lakukan setelahnya. Jika pengguna sedang menulis email dan menerima panggilan telepon, cukup dengan satu tombol maka ia akan secara otomatis membuat reminder untuk melakukan panggilan terhadap rekan yang menghubungi. Pengguna juga bisa menyimpan hal-hal yang menarik seperti artikel, video YouTube, atau laman situs apapun untuk dilihat di lain waktu. Setiap reminder dan hal-hal yang disimpan dikumpulkan dalam aplikasi Do It Later yang terpisah serta memiliki shortcut sendiri untuk melakukan aktivitas terkait, seperti melakukan panggilan ataupun melihat situs web tadi.

4. PixelMaster

Setiap ZenFone memiliki PixelMaster, sebuah teknologi kamera eksklusif ASUS yang terdiri dari berbagai fitur seperti Selfie Mode dan Depth of Field Mode yang meningkatkan performa kamera dan memudahkan pengguna untuk mengambil gambar-gambar dan video berkualitas tinggi. Dua fitur PixelMaster tambahan, yakni Low-light Mode dan Time Rewind juga hadir di ZenFone 5 dan ZenFone 6.

5. Low-light Mode

Low-light Mode secara signifikan meningkatkan performa kamera di kawasan yang berpencahayaan rendah. Dengan menggabungkan piksel-piksel yang tepat, kamera mampu meningkatkan sensitivitas cahaya hingga 400% dan kontras hingga 200% yang pada akhirnya mampu menghadirkan gambar yang terang dan jelas tanpa membutuhkan flash. Electronic Image Stabilizer (EIS) juga mampu meningkatkan performa di suasana redup untuk lebih lanjut meningkatkan hasil foto. Low-light Mode ini juga dapat dimanfaatkan saat merekam video.


Fotografi terkadang menjadi hal yang menyulitkan karena adanya pergerakan, namun Time Rewind membuat pemotretan di momen yang paling pas menjadi mudah. Dengan pengambilan beberapa gambar sebelum dan setelah pengguna menekan tombol shutter, peluang untuk mendapatkan foto sempurna pada objek yang sulit jadi meningkat. Setelah mengambil foto, pengguna bisa “kembali ke masa lalu” dengan mudah untuk memilih hasil terbaik atau juga menyimpan seluruh gambar yang telah ditangkap kamera.

6. Selfie Mode

Selfie Mode merupakan cara baru yang inovatif untuk mengambil potret diri (selfie) berkualitas tinggi. Selfie Mode memungkinkan pengguna untuk mengambil foto selfie individu atau bersama dengan teman-teman menggunakan kamera utama beresolusi tinggi di belakang ponsel, bukan kamera beresolusi lebih rendah di bagian depan. Kamera dapat secara otomatis mendeteksi saat wajah-wajah yang akan difoto sudah terdeteksi dalam frame dan mulai menghitung mundur sebelum mengambil tiga foto. Setelah itu, pengguna bisa memilih foto paling bagus untuk disimpan atau dibagikan secara online.

7. Depth of Field Mode

Depth of Field Mode memungkinkan pengguna mengambil foto dengan lebih tajam. Objek di depan akan dibuat lebih tajam dan detail, sementara di belakang akan diberi sentuhan blur yang halus, atau foto yang biasa disebut oleh kalangan fotografer sebagai shallow depth of field, yang biasanya hanya bisa dilakukan menggunakan kamera kelas atas.

Nah sekarang bagaimana, apakah Anda sudah mengetahui keunggulan yang dimiliki oleh smarphone zenfone series ini? Kemudian pertanyaan kedua adalah apakah Anda sudah puas dengan hasil review produk asus diatas? Apa...! masih belum puas juga. Baiklah kalo begitu, Saya masih punya satu lagi senjata rahasianya agar Anda bisa benar-benar puas dengan hasil review yang Saya sajikan. Saya akan mencoba menampilkan hasil review yang sudah dilakukan oleh beberapa media.

Hasil Review ASUS ZenFone


direkomendasikan untuk dibeli
Recommended
  1. ASUS Zenfone 6 - Harga Medioker Fitur Kelas Satu
  2. "Dengan harga yang ditawarkan, apa yang dimiliki Zenfone bisa dikatakan melebihi ekspektasi. Desain ala smartphone kelas premium, layar lebar khas phablet dengan responsifi tas baik, hingga performa bebas lag ala produk flagship. Belum lagi sektor kamera yang punya sejumlah fi tur menarik. Melihat strategi "merusak harga" seperti ini, sepertinya ASUS bisa mencuri kursi sebagai salah satu pemain utama di sektor smartphone seperti yang sudah sukses dilakukannya di pasar komputer portable."  - Tabloid Pulsa (30 April 2014)
  3. ASUS Zenfone 5 - Smartphone Android Intel murah dengan performa tinggi
  4. "Secara keseluruhan ZenFone 5 memang memberikan unsur kejutan dalam berbagai hal, dengan berbagai keunggulan yang dibawanya bukan tidak mungkin bahwa smartphone ini akan cukup banyak menarik minat masyarakat untuk memilikinya, karena selain performanya yang baik smartphone ini memiliki banderol harga yang bisa dikatakan “murah”, mengingat berbagai teknologi hebat yang dibawanya." - JagatReview.com (16 Mei 2014)
  5. ASUS ZenFone - Produk premium dengan harga terjangkau
  6. "ZenFone memiliki desain yang indah dengan material berkualitas tinggi disertai fungsionalitas Asus Zen UI mampu menghadirkan kemewahan bagi penggunanya." - TribunNews.com (16 April 2014)
  7. ASUS ZenFone 5 - Raja Smartphone Murah
  8. "Rasanya sulit mencari lawan sepadan smartphone yang satu ini. ASUS ZenFone 5 bukanlah produk lokal, namun harga yang ditawarkan sama seperti harga ponsel lokal. Yang CHIP kagumi dari ZenFone 5 adalah kualitas layarnya yang menawan dengan ZenUI yang responsif dan sedap dipandang. Kameranya juga dilengkapi banyak mode." - Chip.co.id (8 Mei 2014)
  9. ASUS ZenFone 6 - Kamera Bertaji di Low Light
  10. "ASUS Kami anggap sukses menggoyang pasar dengan tiga seri terbarunya yang ‘murah’ untuk kelas dan spesifi kasinya. Teknologi yang ditawarkannya, khususnya untuk kamera, pun menggelitik untuk dikulik." - Tabloid Sinyal (30 Mei 2014)
  11. ASUS Zenfone 5 - Android serba bisa dengan harga masuk akal
  12. "Dari sekian pengujian dan pengalaman menggunakan perangkat ini, kami sangat merekomendasikan Asus Zenfone 5 untuk mereka yang ingin perangkat Android serba bisa dengan harga masuk akal. Kinerja baik dalam mengolah grafis ringan sampai sedang adalah kelebihan Zenfone 5." - InfoKomputer.com (18 Juni 2014)
  13. ASUS ZenFone - Ponsel murah tapi gak murahan
  14. "Meski masuk kategori murah, ZenFone memiliki desain yang terbilang lumayan. Ditambah lagi kemampuan kameranya yang tak kalah mumpuni bila dibandingkan dengan ponsel kelas atas." - Detik.com (16 April 2014)
  15. ASUS Zenfone 4 - Harga dan kinerja terbaik
  16. "ZenFone 4 memiliki perbandingan harga dan kinerja terbaik. Dengan “modal” 1 jutaan, kamu sebenarnya sudah dapat perangkat smartphone Android yang cukup punya tenaga untuk bermain game sedang atau mendongkrak produktivitas." - PCPlus.co.id (25 April 2014)
  17. ASUS ZenFone 4 - Bintang di kelas Low End
  18. "Jika melihat dari spesifi kasi yang diberikan dan harga yang dibanderol, ponsel ini sangat patut menjadi pertimbangan jika ingin membeli smartphone Android satu jutaan pas. Bahkan setelah kami melakukan review, menguatkan teori tersebut karena performa tidak mengecewakan." - TeknoUp.com (21 April 2014)

Saya rasa penjelasan diatas sudah cukup untuk Anda jadikan referensi jika Anda ingin membeli smartphone android terbaik yang cukup tangguh dan memiliki desain yang mewah dan elegan, ASUS ZenFone merupakan pilihan tepat untuk Anda jadikan smartphone kesayangan Anda. Semoga posting kali ini bisa bermanfaat untuk rekan-rekan sekalian. Jangan lupa untuk melihat video yang satu ini, agar Anda tambah yakin dengan ASUS ZenFone series.

Video ASUS ZenFone Series

Dapat Duit Dari Blog

Delivered by FeedBurner