Cara Mempercepat Koneksi Modem Smartfren


Smartfren Anti Lelet
Smartfren Anti Lelet
Belajar Komputer - Cara Mempercepat Koneksi Modem Smartfren, hal ini mungkin hanya berlaku bagi Anda pengguna setia Modem Smartfren. Untuk area yang sudah tercover jaringan Smartfren, mungkin koneksi jaringan tidak terlalu menjadi masalah, pasalnya tidak sedikit pengguna Smartfren yang sudah mendapatkan jaringan yang stabil, akan tetapi bagi Anda yang berada di daerah yang masih belum tercover jaringan Smartfren, ini akan menjadi masalah serius, karena Anda akan sangat susah untuk mengakses internet dengan menggunakan modem ini, hal ini persis seperti masalah yang Saya alami sebelumnya. 

Kenapa Modem Smartfren Lelet? mungkin ini yang menjadi pertanyaan setiap orang, kenapa tidak sesuai dengan slogan yang dibawa oleh Smartfren "I Hate Slow",

Hal ini bisa terjadi dikarenakan beberapa masalah, yang mungkin salah satunya sesuai dengan kondisi Anda, seperti:
  • Area belum tercover jaringan Smartfren,
  • Perangkat USB Modem Smartfren Anda tidak dapat menagkap sinyal dengan baik,
  • USB Komputer Anda bermasalah,
  • Modem Anda Rusak, dan yang terakhir adalah
  • Anda lupa mengisi pulsa modem
Beberapa masalah diatas mungkin saja menjadi penyebab Akses Internet menggunakan modem Anda lambat, nah sekarang bagaimana cara mengatasi masalah tersebut?, mari Kita kupas satu persatu.



1. Area Belum Tercover Jaringan Smartfren

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan Modem Smartfren, sebaiknya Anda cek terlebih dahulu Peta Cakupan Network Smartfren yang sudah disediakan di situs resmi Smartfren, jika daerah Anda sudah tercover jaringan Smartfren baik EVDO Rev A maupun EVDO Rev B, maka Anda bisa menggunakan modem ini, akan tetapi jika daerah tempat tinggal Anda masih belum tercover Jaringan dari Smartfren, sebaiknya Anda gunakan Provider yang sudah bisa menjangkau daerah Anda, supaya Anda tidak merasa kecewa dikemudian hari karena koneksi internet modem Smartfren Anda lelet.
Cover Jaringan Smartfren
Cover Jaringan Smartfren

2. Perangkat USB Modem Smartfren Anda Tidak Dapat Menagkap Sinyal Dengan Baik

Masalah yang kedua ni persis seperti masalah yang Saya hadapi, Saya menggunakan Modem Smartfren AC682 dan Saya mengalami kesulitan untuk Mempercepat Koneksi Modem Smartfren AC682 yang saya miliki, padahal daerah saya sudah tercover jaringan Smartfren, akan tetapi perangkat modem yang saya gunakan hanya mampu menangkap sinyal Hybrid dengan indikator bar sebanyak 2 baris dan terkadang sinyal yang didapat hanya 1x, setelah mencoba berbagai macam cara, seperti:
Mengganti setting Modem Smartfren
Pengaturan 1
Name : smart1
Number : *98#
Username : cdma atau wap
Password : cdma atau wap 

Pengaturan 2 
Name : smart2
Number : *31*11111#
Username : cdma atau wap
Password : cdma atau wap

Menggunakan OpenDNS

Public DNS Google 
Isikan Preferred DNS : 8.8.8.8 ( 008.008.008.008 )
Isikan Alternate DNS : 8.8.4.4 ( 008.008.004.004 )

OpenDNS
Isikan Preferred DNS : 208.67.222.222 ( 208.067.222.222 )
Isikan Alternate DNS : 208.67.220.220 ( 208.067.220.220 )

Cara diatas tidak banyak membantu Saya, hal ini mengakibatkan Modem Smartfren Saya jarang terpakai dikarenakan koneksi dari Modem Smartfren Saya lelet. Akan tetapi sekarang masalah tersebut sudah tidak menjadi masalah untuk Saya, karena koneksi jaringan Modem Smartfren Saya yang awalnya hanya mendapatkan sinyal Hybrid atau bahkan 1x, sekarang saya bisa mendapatkan sinyal EVDO dengan indikator bar/sinyal yang penuh, yang mengakibatkan koneksi internet saya bisa stabil dan koneksi streaming youtube tanpa buffering.  Penasaran dengan apa yang Saya lakukan?, 
mari Kita Bahas dan Bongkar Cara Mempercepat Koneksi Modem Smartfren 2014 pada update kali ini, Saya akan memberikan rahasianya untuk Anda.

Rahasia 1 - Gunakan Penguat Sinyal/Antena


Penguat sinyal yang Saya gunakan adalah Antena Yagi Extreme III, antena ini mampu menangkap sinyal dari BTS up 30km, Antena ini digunakan utk menguatkan sinyal seperti EVDO, HSDPA, HSUPA, 3G/ UMTS, EDGE dan GPRS. Antena ini bisa dipakai untuk semua modem 3G maupun CDMA.
Antena Yagi

Rahasia 2 - Gunakan USB Extender


Dengan menggunakan USB Extender, akan mengurangi panas pada modem, hal ini dikarenakan modem tidak langsung tertancap pada komputer/laptop Anda, saran Saya gunakan USB Extender yang memiliki Booster agar koneksi yang didapat bisa lebih stabil.
USB Extender

Rahasia 3 - Arahkan Antena ke BTS Terdekat


Setelah dilakukan pemasangan antena, langkah selanjutnya adalah mengerahkan antena penguat sinyal modem ke BTS terdekat, dengan mengarahkan antena pada BTS yang terdekat, maka koneksi yang didapat akan jauh lebih stabil dari sebelumnya.
BTS
BTS

Dengan menerapkan beberapa Cara Mempercepat Koneksi Modem Smartfren diatas, semoga koneksi internet modem Smartfren Anda bisa jauh lebih stabil dan tidak lelet. Berikut adalah penampakan hasil modifikasi modem Smartfren milik Saya dan juga screenshot koneksi modem Smartfren Saya.
Modifikasi Modem Smartfren
Modifikasi Modem Smartfren
Koneksi Modem Smartfren
Koneksi Modem Smartfren

3. USB Komputer Anda Bermasalah

Untuk memastikan perangkat modem Anda tetap mendapatkan koneksi yang baik dan stabil, sebaiknya dilakukan pengecekan/maintenance secara berkala terhadap perangkat modem maupun perangkat komputer, agar transfer data yang dilakukan antar perangkat tidak terganggu.

4. Modem Anda Rusak

Mungkin sudah berbagai macam cara yang Anda lakukan untuk Mempercepat Koneksi Modem Smartfren yang lelet, akan tetapi Anda belum juga mendapatkan koneksi internet yang stabil, bisa jadi hal tersebut disebabkan perangkat modem Anda mengalami masalah/rusak, untuk memastikan perangkat modem Anda masih bekerja dengan normal atau sudah rusak, silahkan Anda coba menggunakan komputer/laptop lain.

5. Anda Lupa Mengisi Pulsa Modem

Walaupun Anda sudah menggunakan penguat sinyal modem/antena dan Anda sudah mengarahkannya ke BTS yang terdekat, Anda tetap tidak akan bisa mendapatkan koneksi yang maksimal atau bahkan tidak bisa terhubung ke internet jika Anda lupa mengisikan pulsa pada modem Anda. Mungkin hal ini terlihat sepele, akan tetapi tidak sedikit orang yang lupa untuk mengisi pulsa modem yang mereka punya.

Sekian postingan kali ini, semoga postingan mengenai Cara Mempercepat Koneksi Modem Smartfren 2014 ini bisa membantu dan bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian. Jangan lupa untuk membaca update Saya sebelumnya mengenai Android Terbaru KitKat.

Dapat Duit Dari Blog

Delivered by FeedBurner